HUBUNGI

CENDANA PRINT
SMS : 087827296229
email : yaris.say@gmail.com
TASIKMALAYA

SISTEM APLIKASI KARTU ABSENSI SISWA

Perkembangan dunia internet semakin pesat dan terus berkembang, Ragam peluang dan kesempatan semakin banyak muncul sejak kehadiran teknologi yang satu ini. Misalnya kita lihat perusahaan memanfaatkan website untuk promosi perusahaan melalui internet, lembaga pendidikan memanfaatkan website untuk mempublikasikan kurikulum materi pendidikan, dan tak ketinggalan organisasi komunitas memanfaatkan website untuk media komunikasi sesama anggotanya.

Perkembangan internet selanjutnya adalah munculnya aplikasi berbasis web, yaitu aplikasi yang dapat diakses melalui jaringan LAN atau bahkan via internet. Aplikasi berbasis web ini dapat digunakan tanpa perlu harus diinstal di komputer yang bersangkutan.

Dibidang lain yaitu teknologi seluler sangat memudahkan manusia untuk tetap berkomunikasi bergerak, teknologi ini lebih akrab dengan masyarakat yang terbukti hampir semua siswa, siswa dan orang tua siswa telah mempunyai handphone. Karena itu kami juga menghadirkan teknologi SMS Center yang terintegrasi dengan database SIMAK, sehingga siswa, tenaga pengajar dan orang tua/wali siswa dapat mengetahui aktifitas dan prestasi sekolah dan siswa hanya dari telpon genggamnya

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Membangun serta Mengembangkan infrastruktur Teknologi Informasi baik Hardware ataupun Software secara terpadu dan terencana sesuai kebutuhan.
  2. Dukungan terhadap implementasi IT dalam rangka Sekolah menuju Lembaga Akademik Berbasis Teknologi Informasi.

Untuk mecapai maksud dan tujuan tersebut kami menawarkan jasa pembuatan software Sistem Informasi Akademik yang terdiri dari beberapa modul pilihan :
  1. Modul SIDACIMIK (Sistem Informasi Data Siswa & Guru)
  2. Modul SIPRESNIK (Sistem Informasi Prestasi Akademik)
  3. Modul SMS Akademik
KEUNGGULAN SOFTWARE BUATAN KAMI

1. User Friendly
Desain program dengan tampilan menu yang mudah dioperasikan oleh pemula sekalipun.

2. Step by Step Building
Aplikasi yang kami tawarkan dapat dibuat secara bertahap satu persatu, sehingga dapat disesuaikan dengan kemam-puan karyawan untuk meng-operasikan aplikasi secara bertahap juga.

3. Network Based
Aplikasi berbasis web sehingga dapat diakses dari komputer mana saja didalam gedung selama terkoneksi dengan jaringan LAN lokal, dan dapat diakses dari komputer dimanapun di dunia bila terkoneksi dengan jaringan internet.

4. Multi OS
Aplikasi berbasis web dapat dijalankan dari sistem operasi mana saja dan bahkan dapat diakses dari handphone yang mempunyai fasilitas internet

5. Easy Installation & Upgrade
Aplikasi yang kami buat cukup diinstal di server atau salah satu PC didalam gedung sedangkan PC lain dapat mengakses aplikasi tanpa harus diinstal disetiap PC yang bersangkutan, dengan demikian memudahkan perawatan dan upgrade sistem.

6. Public Database & Easy Integration
digunakan aplikasi lain sehingga memudahkan integrasi dengan aplikasi lain atau pengembangan oleh vendor lain.

7. Self Building Application
Aplikasi kami buat sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga dan disertai dokumentasi yang baik, sehingga apabila ada bugs atau penambahan fitur maka dengan mudah dan cepat kami selesaikan. Aplikasi ini juga kami buat dengan menyesuaikan SOP (Standart Operation Prodedure) dan budaya kerja di perusahaan anda sehingga aplikasi yang kami buat benar-benar sesuai dengan harapan karyawan di perusahaan anda.

8. Documentation & Source Code
Kami menyertakan dokumentasi cara operasi software dan CD berisi kode sumsber program, jadi sewaktu-waktu dapat dikembangkan oleh SDM internal perusahaan.

C. FITUR MODUL

1. Modul Data Civitas Akademika (MODUL DCA)
a. Registrasi
Modul ini berguna untuk melakukan proses registrasi baik untuk siswa baru maupun siswa lama (pendaftaran ulang). Modul ini digunakan pada saat proses registrasi siswa oleh petugas yang melayani proses registrasi. Aplikasi ini berfungsi mengumpulkan informasi registrasi dan mengintegrasikan ke dalam sistem database.

b. Kartu Tanda Siswa
Kartu Tanda Siswa (KTS) dapat dicetak setelah pendaftaran siswa selesai dilakukan. Data KTS dapat di-export ke Excel untuk diproses lebih lanjut, misalnya dicetak pada kartu plastik, magentik, ATM, dan sebagainya.

c. Biodata
Modul ini digunakan untuk mencari biodata lengkap seorang siswa , meliputi data pribadi, keluarga, riwayat pendidikan, dan sebagainya.

* Biodata Personal
Berisi biodata personal siswa, meliputi NIS, Nama, Kelahiran, Alamat, Jenis kelamin, Golongan Darah, Agama, serta Asal akademik siswa.

* Biodata Personal Tambahan
Berisi biodata keluarga siswa, meliputi Nama, Alamat, Penghasilan dan Pekerjaan Orang Tua, serta data Saudara.

* Biodata Riwayat Pendidikan
Meliputi Jalur Diterima (Nomor Tes), Asal Sekolah, Nilai Ijazah, Tahun Lulus, serta Asal SMA untuk siswa pindahan.
*
Biodata Pelanggaran
Berisi Jenis, Tanggal dan Keterangan pelanggaran yang pernah dilakukan.

* Biodata Wali Kelas dan Data Akademik per Semester
Menampilkan data wali kelas yang ditunjuk, asal akademik serta pencarian guru berdasarkan NIP.


2. Modul Data Nilai Akademik (MODUL DNA)

a. Biodata Akademik
Berisi Status Akademik, Nilai Total dan per Semester, dan Beasiswa yang pernah diperoleh, dll.

b. Biodata Kegiatan
Modul biodata kegiatan menampilkan kegiatan yang diprogram sebagai mata pelajaran dan kegiatan yang bukan merupakan mata pelajaran terprogram.

c. Grafik Prestasi
Menampilkan pergerakan prestasi belajar.

d. Kurikulum
Berisi database kurikulum daftar yaitu matapelajaran apa saja yang harus diberikan kepada setiap siswa,

e. Buku Rapor
Modul ini berguna untuk mengisi Nilai Ujian siswa per Mata pelajaran, baik untuk semester ini maupun semester sebelumnya.

f. Analisa Akademik
Menampilkan grafik analisa akademik siswa, meliputi Ruang Lingkup dan Akademik Siswa.

g. Aplikasi Migrasi Data
Aplikasi ini digunakan memindahkan data-data akademik dari sistem lama ke dalam sistem yang baru, sehingga data lama masih dapat dibaca oleh sistem yang baru. Karena perbedaan kelengkapan struktur data, tidak semua informasi dalam sistem baru dapat terisi oleh data lama.

3. Modul Absensi

Modul Absensi adalah sebuah software administrasi absensi yang dikembangkan untuk mempermudah dalam proses pencatatan data absen masuk dan keluar.
Dengan adanya program ini diharapkan proses pencatatan dan penyajian data absensi menjadi lebih mudah dan optimal
Keunggulan:
* Aplikasi jaringan
* Jumlah pengguna tidak terbatas
* Jumlah pegawai tidak terbatas
* Control kehadiran
* Laporan kehadiran dapat disajikan dalam bentuk angka atau grafis
* Pengelolaan absensi yang lengkap
* Pengisian Absensi Dapat menggunakan keyboard atau barcode
* Menghemat biaya operasional; pemakaian alat tulis kantor, ruangan, dll
Spesifikasi Software:
* Proses pengisian absent masuk dan keluar
* Pemeriksaan daftar hadir
* Data pegawai
* Laporan Data Pegawai
* Laporan Kehadiran
* Laporan Rekapitulasi Kehadiran Harian/Mingguan/Bulanan atau Tahunan
* Laporan Kehadiran dalam Bentuk Grafis
* Pengaturan Hak Akses User
* Multi PC / Jaringan




D. PEMANFAATAN SISTEM

1. Fasilitas Untuk Umum (Tanpa perlu Login)
a. Masuk SIMAK tanpa perlu username dan password
b. Dapat melihat informasi berikut;
* Daftar siswa dengan mengetahui nama (bagian nama), angkatan tertentu, dan jadual belajar/uas-nya
* Daftar guru dan jadual mengajarnya.
* Informasi2 terbaru yang dikirim oleh siswa/guru atau bagian tata usaha.
2. Fasilitas Untuk siswa
Melalui komputer umum yang dipasang di ruang umum siswa dapat login dengan NIS dan password untuk:
a. Melihat Nilai ujian terbaru
b. Melihat Informasi jadwal dan aktifitas lainnya.
c. Melihat pengumuman
d. Bila frekwensi penggunaan komputer tinggi, maka dapat dibuat aturan otomatis misalnya setiap siswa hanya dapat menggunakan komputer 10 menit perhari, agar siswa lain mendapatkan kesempatan mengakses informasi.
e. Siswa dapat mendaftar kegiatan akademik misalnya Pengembangan dll
f. Mengirim informasi tertentu agar dapat dibaca oleh publik, namun informasi bisa tampil setelah diloloskan oleh staf tata usaha.

3. Fasilitas untuk Untuk Guru
Guru juga dapat memanfaat komputer mana saja asal terhubung dengan komputer server, dengan password pribadi guru dapat melihat :
a. Data lengkap siswa
b. Jadual belajar, pembuatan soal uas dan pengawas uas sesuai dengan matapelajaran yang diampu,
c. Jadual mengajar guru lainnya,
d. Daftar lengkap nilai siswa dan grafik perkembangan prestasi siswa
e. Input data nilai khusus untuk matapelajaran yang diajarkan.
f. Mengirim pesan kebeberapa siswa sekaligus atau ke kelas tertentu.
g. Mengirim informasi tertentu agar dapat dibaca oleh publik, informasi yang dikirim oleh guru dapat langsung tampil tanpa harus diloloskan oleh staf tata usaha.

4. Staf BAK
Siklus kegiatan akademik seluruhnya dicatat disini. Dimulai dari pembuatan jadual sekolah/uas hingga perekaman nilai. Fitur lengkapnya sbb:

a. Mengirim informasi jadwal.
b. Melihat dan mencetak data lengkap siswa
c. Daftar lengkap nilai siswa dan grafik perkembangan prestasi siswa
d. Mencetak daftar hadir, kartu ujian dan daftar hadir ujian akhir semester,
e. Memasukkan data siswa yang baru lulus sebagai anggota alumni baru.
f. Input data nilai khusus untuk seluruh matakuliah.
g. Mengirim pesan kebeberapa siswa sekaligus atau ke kelas tertentu.
h. Menginput Informasi terbaru atau pengumuman.
i. Meloloskan atau menghapus informasi yang dikirimkan oleh siswa.

KEBUTUHAN DAN SPESIFIKASI SISTEM

Untuk menjalankan software SIMAK ini, diperlukan harware sbb :
* 1 (satu) unit komputer server utama (minimal Pentium 4)
* 1 (satu) unit UPS untuk server
* 1 (satu) unit komputer server cadangan (tidak harus, namun sangat diperlukan untuk back up data di server utama. (minimal Pentium 3)
* Minimal 1(satu) unit komputer untuk siswa yang dipasang di tempat umum. (minimal Pentium 3)
* 1(satu) unit komputer untuk Bagian BAK (minimal Pentium 3)
* Minimal 1(satu) unit komputer untuk guru(minimal Pentium 3).
* Perangkat LAN untuk menghubungkan jaringan data antar komputer, perangkat tersebut terdiri dari :
* Kabel UTP yang panjangnya disesuaikan dengan jarak antar komputer
* 20 buah Konektor RJ45
* 1 unit SWITCH (Untuk menghubungkan antar komputer)
Sedangkan software yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi SIMAK ini adalah :

1. Untuk server :
* Sistem Operasi Linux
* Apache Web Server
* Database server mySQL
* Aplikasi PHP

2. Untuk Komputer pengguna :
* Sistem Operasi Linux (rekomendasi) atau MS Windows
* Mozilla Firefox

Semua software diatas adalah berlisensi open source yang artinya dapat digunakan secara cuma-cuma, ini artinya menghemat belanja untuk software property dan aman dari sweeping penggunaan software bajakan yang sedang digalakkan aparat kepolisian.

E. GAMBARAN SISTEM

a. Aplikasi di install di komputer server, komputer tersebut tidak terdapat monitor dan tidak boleh ada yang memakainya demi keamanan data.
b. Aplikasi dapat diakses dari komputer yang telah dihubungkan dengan jaringan LAN kabel atau wireless ke komputer server.
c. Setiap menggunakan operasi pada aplikasi, terdapat username dan password sehingga apapun yang dilakukan oleh pengguna tsb dicatat dan disimpan dalam database dalam format data yang detail.
d. Untuk alasan keamanan data, komputer server tidak terhubung dengan internet yang artinya data di server tidak dapat diakses dari internet.

lebih lanjut contac person :
RISMAN KUSTIAWAN ST.
081910692636




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SISTEM APLIKASI KARTU ABSENSI SISWA"